AUXILIARY POWER UNIT
Auxiliary Power Unit (APU)
Jika pembaca memperhatikan bagian ekor belakang pesawat terbang besar seperti halnya Boeing atau Airbus maka anda akan menemukan berupa knalpot atau exhaust yang mengeluarkan udara panas. Lubang tersebut berasal dari perangkat kelistrikan pesawat yang disebut APU.
APU digunakan pesawat terbang untuk memasok daya listrik di pesawat terbang saat engine tidak menyala. Daya listrik APU digunakan untuk menyalakan AC (Air Conditioning),tenaga peneumatik dan untuk menyalakan mesin. APU juga layaknya mesin pesawat yang membutuhkan bahan bakar (fuel) ketika digunakana
APU dipakai pada saat semua mesin dalam keadaan mati. Normalnya APU dinyalakan pada saat pesawat ingin dipersiapkan untuk tinggal landas dan dimatikan pada saat sudah terbang atau cruising .
Pada waktu terbang APU juga bisa dinyalakan jika ada generator atau pemasok listrik yang lain rusak guna menggantikan pasokan listrik yang tersedia sampai landing .
Kemampuan APU tidak sama seperti mesin pesawat. Ada batasan ketinggian maksimum yang bisa dicapai. Misal ketinggian pesawat pada saat terbang sekitar 35.000 kaki tetapi APU nya hanya bisa dinyalakan sampai batas ketinggian 25.000 kaki. Tetapi ada juga APU yang bisa dinyalakan diketinggian yang cukup tinggi yaitu APU milik pesawat Airbus A330. APU di pesawat tersebut dapat dinyalakan di ketinggian 40.000 kaki.
Menempatkan APU di pesawat terbang memilki kegunaan namun memiliki kerugian juga seperti berat pesawat akan bertambah. Pada beberapa pesawat seperti ATR,mesin pesawat dapat digunakan sebagai APU untuk memasok daya listrik. Pada pesawat ATR mode ini dinamakan Hotel Mode yaitu mesin pesawatnya menyala tetapi propeller nya tidak berputar diberhentikan oleh propeller brake sehinggal tidak membahayakan teknisi atau penumpang yang ingin naik ke pesawat tersebut
Jika APU tidak berfungsi di darat,maka ada perangkat eksternal yaitu GPU (Ground Power Unit) yang juga menyediakan tenaga listrik untuk menghidupkan AC dan bleed air yang difungsikan APU.
Jika pembaca memperhatikan bagian ekor belakang pesawat terbang besar seperti halnya Boeing atau Airbus maka anda akan menemukan berupa knalpot atau exhaust yang mengeluarkan udara panas. Lubang tersebut berasal dari perangkat kelistrikan pesawat yang disebut APU.
Penggunaan APU
APU digunakan pesawat terbang untuk memasok daya listrik di pesawat terbang saat engine tidak menyala. Daya listrik APU digunakan untuk menyalakan AC (Air Conditioning),tenaga peneumatik dan untuk menyalakan mesin. APU juga layaknya mesin pesawat yang membutuhkan bahan bakar (fuel) ketika digunakana
Waktu pemakaian APU
APU dipakai pada saat semua mesin dalam keadaan mati. Normalnya APU dinyalakan pada saat pesawat ingin dipersiapkan untuk tinggal landas dan dimatikan pada saat sudah terbang atau cruising .
Pada waktu terbang APU juga bisa dinyalakan jika ada generator atau pemasok listrik yang lain rusak guna menggantikan pasokan listrik yang tersedia sampai landing .
Batas Pemakaian APU
Kemampuan APU tidak sama seperti mesin pesawat. Ada batasan ketinggian maksimum yang bisa dicapai. Misal ketinggian pesawat pada saat terbang sekitar 35.000 kaki tetapi APU nya hanya bisa dinyalakan sampai batas ketinggian 25.000 kaki. Tetapi ada juga APU yang bisa dinyalakan diketinggian yang cukup tinggi yaitu APU milik pesawat Airbus A330. APU di pesawat tersebut dapat dinyalakan di ketinggian 40.000 kaki.
Engine APU Mode
Menempatkan APU di pesawat terbang memilki kegunaan namun memiliki kerugian juga seperti berat pesawat akan bertambah. Pada beberapa pesawat seperti ATR,mesin pesawat dapat digunakan sebagai APU untuk memasok daya listrik. Pada pesawat ATR mode ini dinamakan Hotel Mode yaitu mesin pesawatnya menyala tetapi propeller nya tidak berputar diberhentikan oleh propeller brake sehinggal tidak membahayakan teknisi atau penumpang yang ingin naik ke pesawat tersebut
Jika APU tidak berfungsi di darat,maka ada perangkat eksternal yaitu GPU (Ground Power Unit) yang juga menyediakan tenaga listrik untuk menghidupkan AC dan bleed air yang difungsikan APU.
Komentar
Posting Komentar